Structured
Programming
Pemprograman
Terstruktur/Structured
Programming adalah pokok dari kesederhanaan.
Initial
states ->
single entry point
Final
states ->
single exit point
Maksudnya: hanya satu cara untuk
masuk dan satu cara untuk keluar setiap control
statements.
Activity
Diagram paling
sederhana terdiri dari:
·
Initial state
·
Action state
·
Final state
·
Transition arrows
Kaidah untuk membentuk program
tersruktur:
1.
Awali
dengan Activity Diagram paling
sederhana.
2.
Action state apa saja dapat digantikan oleh dua
action state pada sequence -> menghasilkan banyak control statement, sehingga disebut stacking rule.
3.
Action state apa saja dapat digantikan oleh control statement apa saja( sequence dari action state, if, if…else, switch, while, do…while, for ). -> menerapkan kaidah 3 berulang kali untuk
menghasilkan activity diagram paling
sederhana menjadi satu dengan control
statement bersarang/nested dengan rapih. Kaidah ini disebut nesting rule.
4.
Kaidah
2 dan 3 dapat diterapkan sesering yang diinginkan dan dalam urutan apa saja. ->
menghasilkan statement bersarang yang lebih besar.
Ada 3
bentuk control yang diperlukan untuk mengimplementasikan sebuah algoritma:
1.
Sequence
2.
Selection, terdiri atas:
·
If statement(
single statement )
·
If...else
statement( double statement )
·
Switch statement(
multiple statement )
3.
Repetition, terdiri atas:
·
While statement
·
Do...while statement
·
For statement
Banyak
bentuk dari control yang selalu diperlukan dalam program Java dapat diekspresikan dalam:
·
Sequence
·
If statement(
selection )
·
While statement(
repetition )
Dan dapat
dikombinasikan dalam hanya dua cara: stacking
dan nesting
Contoh
Unstructured Program
Sumber: How to Program Java Deitel hal 179-184
Komentar
Posting Komentar