Structured Programming

Pemprograman Terstruktur/Structured Programming adalah pokok dari kesederhanaan.

Initial states -> single entry point
Final states -> single exit point
Maksudnya: hanya satu cara untuk masuk dan satu cara untuk keluar setiap control statements.

Activity Diagram paling sederhana terdiri dari:
·         Initial state
·         Action state
·         Final state
·         Transition arrows

Kaidah untuk membentuk program tersruktur:
1.       Awali dengan Activity Diagram paling sederhana.









2.       Action state apa saja dapat digantikan oleh dua action state pada sequence -> menghasilkan banyak control statement, sehingga disebut stacking rule.























3.       Action state apa saja dapat digantikan oleh control statement apa saja( sequence dari action state, if, if…else, switch, while, do…while, for ). -> menerapkan kaidah 3 berulang kali untuk menghasilkan activity diagram paling sederhana menjadi satu dengan control statement bersarang/nested dengan rapih. Kaidah ini disebut nesting rule.

4.       Kaidah 2 dan 3 dapat diterapkan sesering yang diinginkan dan dalam urutan apa saja. -> menghasilkan statement bersarang yang lebih besar.


Ada 3 bentuk control yang diperlukan untuk mengimplementasikan sebuah algoritma:
1.       Sequence












2.       Selection, terdiri atas:
·         If statement( single statement )
·         If...else statement( double statement )
·         Switch statement( multiple statement )
























3.       Repetition, terdiri atas:
·         While statement
·         Do...while statement
·         For statement














Banyak bentuk dari control yang selalu diperlukan dalam program Java dapat diekspresikan dalam:
·         Sequence
·         If statement( selection )
·         While statement( repetition )
Dan dapat dikombinasikan dalam hanya dua cara: stacking dan nesting

Contoh Unstructured Program

















Sumber: How to Program Java Deitel hal 179-184

Komentar

Popular Posts