Apa yang dimaksud dengan Quality Software?

Definisi oleh IEEE
1.    Tingkat dimana sistem, komponen, atau proses memenuhi persyaratan yang ditentukan.
2.    Tingkat dimana suatu sistem, komponen, atau proses memenuhi kebutuhan atau harapan pelanggan atau pengguna.

Definisi oleh ISTQB
Totalitas fungsionalitas dan fitur produk perangkat lunak yang sesuai dengan kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan implisit maupun explisit.

ISO 9126 oleh International Organization for Standardization (ISO) dan International Electrotechnical Commission (IEC)
1.    Functionality (Fungsionalitas). Kemampuan perangkat lunak untuk menyediakan fungsi sesuai kebutuhan pengguna, ketika digunakan dalam kondisi tertentu.
2.    Reliability (Kehandalan). Kemampuan perangkat lunak untuk mempertahankan tingkat kinerja tertentu, ketika digunakan dalam kondisi   tertentu.
3.    Usability (Kebergunaan). Kemampuan perangkat lunak untuk dipahami, dipelajari, digunakan, dan menarik bagi pengguna, ketika digunakan dalam kondisi tertentu.
4.    Efficiency (Efisiensi). Kemampuan perangkat lunak untuk memberikan kinerja yang sesuai dan relatif terhadap jumlah sumber daya yang digunakan pada saat keadaan tersebut.
5.    Maintainability (Pemeliharaan). Kemampuan perangkat lunak untuk dimodifikasi. Modifikasi meliputi koreksi, perbaikan atau adaptasi terhadap   perubahan lingkungan, persyaratan, dan spesifikasi fungsional.
6.    Portability (Portabilitas). Kemampuan perangkat lunak untuk ditransfer dari satu lingkungan ke lingkungan lain.

Definisi oleh Crosby (1979)
Kualitas berarti kesesuaian terhadap kebutuhan.

Definisi oleh Juran (1988)
1.    Kualitas terdiri dari fitur-fitur produk tersebut yang memenuhi kebutuhan dari pelanggan dan juga memberikan kepuasan terhadap produk.
2.    Kualitas terdiri dari kebebasan dari kekurangan/cacat.

Definisi oleh Pressman (2000)
Kualitas software didefinisikan sebagai kesesuaian terhadap kebutuhan fungsional dan performa yang dinyatakan secara eksplisit, standar pengembangan yang didokumentasikan secara eksplisit, dan karakteristik implisit yang diharapkan dari semua software dengan pengembangan secara profesional.

Kesimpulan
Kualitas software adalah kesesuaian requirement yang dibutuhkan yang memenuhi persyaratan perangkat lunak/produk/bisnis didefinisikan secara jelas dan terdokumentasi. Sehingga menghasilkan software yang dapat memuaskan user yang menggunakan dan juga memudahkan developer dalam mengembangkan software.


Referensi :

Komentar

Popular Posts